Berita Migas

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan

SKK Migas – Pertamina EP Sangasanga Field Bangun Puskesmas Bantuas

Palaran (beritajatim.com) – Asset 5 General Manager Irwan Zuhri bersama dengan pejabat Sekretaris Daerah Kota Samarinda, Dr H Sugeng Chairuddin MSi meresmikan Puskesmas Bantuas yang merupakan bantuan CSR Pertamina EP Sangasanga Field pada Rabu (10/7/2019) siang.

Peresmian Puskesmas Bantuas ini juga turut dihadiri oleh SKK Migas Kalimantan dan Sulawesi, Dinas Kesehatan Kota Samarinda, Camat Palaran, Danramil Palaran, Kapolsek Palaran, Lurah Bantuas serta manajemen Pertamina EP Asset 5 dan Sangasanga Field.

Pembangunan Puskesmas Bantuas ini dimulai dari November 2018 dan selesai pada bulan Februari 2019 dengan total pembangunan sekitar 4 bulan. Puskesmas Bantuas ini menyediakan fasilitas pelayanan gawat darurat, rawat inap, persalinan, pemeriksaan umum, kesehatan gigi dan mulut, kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana (KB), imunisasi, gizi, kesehatan lingkungan, pencegahan dan pengendalian penyakit, laboratorium, farmasi dan kegiatan luar gedung.

Pembangunan Puskesmas ini dilaksanakan sebagai bentuk syukur atas pencapaian produksi Pertamina EP Asset 5 maupun Pertamina EP Sangasanga Field semester 1 tahun 2019.

Berdasarkan data akhir Juni 2019, tercatat produksi (YTD) minyak mentah PEP Asset 5 sebesar 17,904 barrel oil per day (BOPD) dari target 18,520 BOPD, atau realisasi sebesar 96.67%. Sedangkan produksi gas bumi tercatat sebesar 15,857 million standard cubic feet day (MMSCFD) dari target 15.450 MMSCFD, atau realisasi sebesar 102.63%.

Produksi minyak mentah Pertamina EP Sangasanga Field mencapai angka 5,259 BOPD dari target 5,650 BOPD, atau realisasi sebesar 93,08%. Sedangkan produksi gas bumi mencapai angka 3.616 MMSCFD, atau realisasi sebesar 71,25%. Minyak mentah dan gas bumi Pertamina EP Sangasanga Field berkontribusi masing-masing sebesar 28,4% dan 23,4%.

Pencapaian produksi ini diharapkan dapat membawa berkah bagi Pertamina, negara dan tentunya bagi Kota Samarinda melalu mekanisme dana bagi hasil minyak dan gas bumi serta program-program CSR.

Pertamina EP adalah salah satu anak perusahaan Pertamina (Persero) yang mengemban amanah dalam menyediakan kebutuhan energi untuk negeri. SKK Migas sebagai perpanjangan tangan negara turut serta memastikan agar kesediaan energi di negeri ini tetap terjaga. Pertamina EP melalui Pertamina EP Asset 5 dan Pertamina EP Sangasanga Field bertugas untuk melakukan eksplorasi dan produksi minyak serta gas bumi khususnya di wilayah Kalimantan Timur yang nantinya diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan energi dan menambah devisa negara.

Pertamina EP Asset 5 dan Pertamina EP Sangasanga Field melalui aktivitas operasionalnya dapat berkontribusi dalam menambah pendapatan daerah yang diatur dalam mekanisme bagi hasil migas, pajak-pajak daerah, pemberdayaan vendor dan masyarakat lokal, serta program pengembangan masyarakat di sekitar wilayah operasi perusahaan. Untuk itu Pertamina EP Sangasanga Field selama ini telah menjadi mitra kerja pemerintah daerah Provinsi Kalimantan Timur terutama di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda dalam mewujudkan pembangunan daerah.

Pembangunan Puskesmas Bantuas ini merupakan wujud nyata dari kontribusi pembangunan daerah khususnya pembangunan di bidang kesehatan untuk masyarakat di sekitar wilayah operasi perusahaan. “Puskesmas Bantuas hadir sebagai infrastruktur kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan jangkauan dan mutu pelayanan kesehatan masyarakat sekitar. Sebagai wujud tanggungjawab sosial perusahaan, PT Pertamina EP Sangasanga Field memberikan dukungan dalam bentuk pembangunan gedung baru Puskesmas Bantuas”, terang Irwan Zuhri selaku Asset 5 General Manager.

Irwan berharap dengan adanya pembangunan Puskesmas Bantuas ini pelayanan kesehatan untuk masyarakat akan semakin meningkat.

“Dengan hadirnya gedung baru ini, diharapkan pelayanan kepada masyarakat dapat meningkat dan menjadi ujung tombak dalam mewujudkan tercapainya keberhasilan pelaksanaan pembangunan bidang kesehatan. Dan semoga fasilitas baru ini dapat membantu pemerintah daerah dalam menghasilkan sumber daya manusia yang sehat dan berkualitas guna mendukung tercapainya visi-misi pembangunan kesehatan Kota Samarinda”, harap Irwan.

Tidak hanya menjalankan program CSR di bidang kesehatan, Pertamina EP Sangasanga Field juga menjalankan program CSR lainnya, di antaranya:

1.Program pengembangan pertanian terpadu berbasis revitalisasi lahan pasca tambang di Kecamatan Sangasanga.
2.Program pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi melalui Kelompok Usaha Bersama (KUB) di Kecamatan Sangasanga.
3.Pengembangan Desa Ekonomi Kreatif Kutai Lama, Kecamatan Anggana.
4.Program kesehatan terpadu masyarakat Kecamatan Samboja. [rea/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar