Berita Migas

PT EML Bantu Pokmaswas ‘Reng Paseser’ Peralatan Kampanye Edukasi Lingkungan

Sumenep (beritajatim.com) – SKK migas dan PT Energi Mineral Langgeng (EML) mendukung penuh kampanye kesadaran pelestarian lingkungan yang dilakukan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) ‘Reng Paseser’, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep.

“Kami mengapresiasi semangat dan dedikasi para pemuda di Pokmaswas ‘Reng Paseser’. Karena itu, kami memberikan bantuan dalam bentuk kaos dan peralatan untuk kampanye edukasi lingkungan,” kata Public Relation Coordinator PT EML, Nur Hidayat, Jumat (11/1/2019).

PT EML merupakan salah satu kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) migas yang mengelola wilayah kerja Soutg East Madura Block. Perusahaan milik wakil pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, KH Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin) ini mempunyai wilayah operasi di Desa Tanjung, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep. Saat ini PT EML tengah melakukan pengeboran sumur ENC-02. Pengeboran migas yang dilakukan EML merupakan satu-satunya pengeboran ‘on shore’ di Sumenep.

“Meski EML masih dalam tahap eksplorasi, kami tetap berusaha memberikan kontribusi positif terhadap kearifan lokal seperti ini. Bagaimanapun, kelestarian lingkungan adalah tanggung jawab kita semua,” tandas Nur Hidayat.

Ia mengaku salut terhadap kiprah Pokmaswas Reng Paseser. Meski belum genap 3 tahun terbentuk, namun pokmas yang bergerak di bidang pendidikan dan pengawasan bidang kelautan dan perikanan ini sepak terjangnya luar biasa.

“Mereka sering mendampingi wisatawan melakukan diving di Pulau Gililabak. Saat itulah, mereka memberiksan edukasi pentingnya menjaga kelestarian lingkungan laut,” ujarnya.

Sementara Ketua Pokmaswas Reng Paseser, Maskur Riyanto mengatakan, pokmasnya sudah mendapat pengukuhan dari Dinas Perikanan Sumenep. Kegiatan yang diikuti pertama kali adalah pelatihan diving yang digelar Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur.

“Pelatihannya di Pantai Pasir Putih, Situbondo. Alhamdulillah, saat ini saya dan satu orang anggota Pokmaswas Reng Paseser sudah memiliki sertifikat diving,” papar Maskur.

Ia mengaku bersyukur adanya dukungan dan bantuan dari PT EML. Pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kapasitas lembaga dan pengurusnya dengan mengikuti berbagai pelatihan dalam bidang yang digeluti.

“Kami juga mengkampanyekan kelestarian lingkungan melalui media sosial, mulai facebook, twitter, instagram, dan youtube,” tuturnya. [tem/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar