Berita Migas

Pertamina Mulai Berlakukan Pembelian SPBU Pakai LinkAja di 4 Daerah

Lamongan (beritajatim.com) – Perusahaan ‘plat merah’ PT Pertamina (persero) mulai depan akan memberlakukan pelayanan mandiri, atau self service di tiga daerah. Empat daerah yang dimaksud adalah Gresik, Lamongan, Tuban, dan Bojonegoro.

Semua wilayah tersebut masuk ke area rayon III. Rencananya, bulan depan untuk pelayanan di pengisian stasiun pompa bahan bakar umum (m
(SPBU) menggunakan aplikasi LinkAja.

Aplikasi pelayanan itu merupakan layanan keuangan berbasis digital dengan menggandeng PT Telkom. Harapannya, adanya pelayanan tersebut mempermudah masyarakat saat akan melakukan transaksi.

Manajer Domestik Rayon III Pertamina, Airlangga mengatakan, terkait dengan pemberlakuan aplikasi LinkAja, pihaknya mengumpulkan rekanan Pertamina. Hal ini dilakukan karena pada bulan depan. Layanan tersebut sudah mulai diberlakukan.

“Nantinya konsumen bisa membayar di SPBU dengan cara memakai aplikasi LinkAja saat bertransaksi,” katanya, di sela-sela audit internal pemilik SPBU serta agen elpiji wilayah Gresik, Lamongan, Tuban, dan Bojonegoro yang berlangsung di Universitas Muhammadiyah Lamongan, Selasa (16/07/2019).

Lebih lanjut Airlangga menuturkan, mengenai digandengnya PT Telkom, perusahaam tersebut akan memasang mesin electronic data capture (EDC), sebagai quick response (QR) Code dan near field communication (NFC). Sehingga, aman bagi SPBU dan nyaman bagi konsumen.

“Alat itu saat ini sudah mulai berjalan di beberapa SPBU di Gresik, Lamongan, dan Tuban, sambil jalan kami menambahkan ke SPBU yang belum ada EDC-nya seperti di Bojonegoro,” ujarnya.

Ia menambahkan, pemberlakukan aplikasi LinkAja itu. Selain tuntutan jaman, juga untuk mempermudah pelayanan kepada konsumen.

“Jadi konsumen tidak perlu repot lagi membawa uang cash. Cukup pakai aplikasi LinkAja transaksi tidak perlu ribet lagi,” tandas Airlangga. [dny/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar