Berita Migas

Mobilisasi Peralatan Besar Proyek JTB Tertahan di Gresik

Bojonegoro (beritajatim.com) – Mobilisasi peralatan besar sebanyak enam unit untuk pembangunan Proyek Gas Processing Facility (GPF), Lapangan Unitisasi Jambaran Tiung Biru (JTB), dari Shop Fabricator BBI (Boma Bisma Indra) Pasuruan menuju JOB Site di Bojonegoro mulai dilakukan sejak 24 November 2019 hingga 20 Desember 2019.

Diperkirakan hari ini peralatan besar sebanyak enam unit berupa Absorber Section satu sampai empat dan Selexol Regenerator Section satu dan dua sudah sampai Bojonegoro. Namun, saat ini masih berada di Kabupaten Gresik. Alat tersebut yang digunakan untuk filter atau menyaring gas.

“Sekarang masih mengurus ijin melintas di area kawasan Pupuk Petro Kimia Gresik. Jadi masih standby di Jetty Maspion Gresik,” ujar Filed Manager PT Rekayasa Industri (Rekind), Zaenal Arifin, Kamis (28/11/2019).

Sementara diketahui, Absorber dan Selexol Regenerator memiliki berat sekitar 118 ton dengan diameter 4,5 meter. Dalam pemindahan alat berat tersebut, waktu tempuh masing-masing trip, membutuhkan waktu empat malam, karena dalam proses tersebut akan ada stretching (istirahat), sebanyak tiga kali.

Kabupaten Gresik sebelumnya tidak masuk daerah yang digunakan istirahat, tiga kali istirahat seharusnya dilakukan di Lamongan, Baureno dan Kalitidu. “Waktu tempuh empat malam. Kita sepakati untuk waktu transporter adalah jam 10 malam sampai jam 4 pagi,” kata Zaenal.

Adapun rute yang akan dilalui dalam proses Heavy Inland Transport tersebut dari Shop Fabricator BBI Pasuruan menuju Jetty Pasuruan, kemudian dilanjutkan ke Jetty Maspion di Gresik, kemudian dilanjutkan melalui jalan raya, dengan rute: Jalan Sukomulyo Raya Gresik – Jalan Romo Gresik – Jalan KIG Raya Barat Gresik – Jalan KIG Raya Selatan Gresik – Jalan Doktor Wahidin Gresik.

Serta dilanjutkan ke Jalan Raya Gresik Babat – Jalan Gotong Royong Babat – Jalan Patung Sapi Babat – Jalan Baureno Bojonegoro – Jalan Ahmad Yani Bojonegoro – Jalan Untung Suropati Bojonegoro – Jalan Rajekwesi Bojonegoro – Jalan Raya Cepu (via ROW Access) dan berakhir di JTB Site. [lus/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar