Berita Migas

Minarak Brantas Gas Layani Pengobatan Gratis dengan Mobil Sehat Keliling

 

Sidoarjo (beritajatim.com) – Minarak Brantas Gas bersama Bakrie Amanah mengadakan kegiatan sosial pengobatan gratis melalui layanan mobil sehat keliling di empat desa di Kecamatan Porong.

Pengobatan gratis hari pertama digelar Rabu (9/10/2019) di Desa Kedungboto dan Pesawahan. Sementara hari kedua dilakukan pada Kamis (10/10/2019) di Desa Candipari dan Wunut.

Pengobatan gratis ini dilakukan di masing-masing balai desa setempat dengan menerjunkan belasan tenaga medis. Kegiatan sosial ini juga menurunkan satu unit layanan mobil sehat keliling milik Bakrie Amanah.

Ratusan warga menyambut antusias pelayanan pengobatan gratis ini. Warga berdatangan untuk memeriksakan kesehatannya. Mulai dari cek tensi darah, diabetes, gigi, dan sejumlah keluhan penyakit lain. Warga yang sudah diperiksa kemudian mendapatkan obat-obatan sesuai dengan penyakit yang dikeluhkan.

Dalam pengobatan gratis ini juga ada pelayanan pemeriksaan ultrasonografi (USG) bagi ibu-ibu hamil. Pemeriksaan USG ini untuk memantau pertumbuhan janin.

Pemeriksaan USG ini sangat disarankan untuk ibu hamil yang menderita diabetes, hipertensi, atau komplikasi medis lainnya.

Pengobatan gratis di Desa Kedungboto dan Pesawahan dihadiri 181 warga dan 22 ibu hamil. Mayoritas yang memeriksakan kesehatannya adalah kelompok lanjut usia (lansia).

“Pelayanan kesehatan ini sangat membantu, apalagi di desa kami masih banyak ibu hamil usianya di atas 35 tahun dan awam masalah kehamilan dan USG,” kata Dewi Purwati (29) warga Desa Kedungboto, Kamis (10/10/2019).

Kepala Desa Kedungboto Yusuf menambahkan, pengobatan gratis sangat dirasakan manfaatnya oleh warga. Maka dia mengucapkan terima kasih atas kegiatan sosial yang dilakukan Minarak Brantas Gas dan Bakrie Amanah di desanya.

“Harapan kami ke depannya kegiatan seperti ini bisa dilakukan lagi dengan jumlah penerima manfaat lebih banyak lagi,” tutur Yusuf.

Sementara itu pengobatan gratis di Desa Candipari dihadiri 122 lansia dan 10 ibu hamil. Demikian pula pengobatan gratis di Desa Wunut juga dihadiri lebih dari 100 warga.

Manager Public Relations Minarak Brantas Gas Arief Setyo Widodo mengatakan, program pelayanan kesehatan gratis ini merupakan program corporate social responsibility (CSR) yang dilakukan perusahaan pengeboran gas tersebut.

Kegiatan serupa juga sudah pernah dilakukan sebelumnya di Desa Kedungbanteng, Kalidawir, Penatarsewu dan Banjarasri Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat desa serta pihak Minarak Brantas Gas dan Bakrie Amanah,” kata Arief.

Program pengobatan gratis ini juga merupakan bagian dari roadshow Mobil Sehat Keliling Pulau Jawa milik Bakrie Amanah. Bakrie Amanah merupakan lembaga amil zakat milik usaha Bakrie.

Pengobatan gratis ini juga melibatkan tim medis rumah sehat Baznas Sidoarjo, Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Sidoarjo serta perangkat desa di lokasi pengobatan. [isa/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar