Berita Migas

Kilang Cilacap Bersiap Ekspor Avtur

Cilacap (beritajatim.com) – PT Pertamina (Persero) memastikan akan mengekspsor bahan bakar untuk pesawat yakni avtur ke luar negeri. Ekspor avtur pertama kali oleh Indonesia ini direncanakan mencapai 400 Metric Barrel (MB).

Hal ini diungkap oleh Laode Syarifudin Mursali, Unit Manager Communication, Relation & CSR Refenery Unit (RU) IV Cilacap, yang mengaku ini adalah prestasi pertama kali untuk Indonesia. Dan eksport ini adalah avtur yang diproduksi di RU IV Cilacap, yang sudah memenuhi standar internasional.

“RU IV Cilacap ini adalah kilang minyak terbesar di Indonesia bahkan di ASEAN dengan kapasitas 350 MB per hari (MBSD). Sedangkan yang lain seperti Balongan hanya 200 MBSD. Apalagi saat ini kami terus menggenjot produksi avtur dari biasanya 2 unit menjadi 4 unit Refenery yang mampu memproduksi avtur,” jelasnya.

Saat ini kapasitas avtur pun sedang tinggi dengan masa stok hingga 45 hari, sehingga jika tidak dijual keluar negeri akan mempengaruhi kapasitas produksi di kilang. Namun hingga kini belum dijelaskan tujuan negara ekportnya.

“Masih proses di Pertamina pusat, kami berharap tidak molor dan Minggu ke 3 Juli ini sudah bisa ekspsor,” tandasnya. [rea/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar