Berita Migas

Hormati Kearifan Lokal Sumenep, HCML Safari Ramadan di Asta Adi Poday

Sumenep (beritajatim.com) – Safari Ramadhan hari kedua SKK Migas dan Husky- CNOOC Madura Limited (HCML) di Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep, digelar di wilayah Kecamatan Gayam, Pulau Sepudi.

Safari Ramadan dalam bentuk buka puasa bersama melibatkan tokoh masyarakat, pemuka agama dan paguyuban nelayan. Hanya saja, Safari Ramadan ini dilakukan di Asta Adi Poday, Desa Nyamplong.

Sr. Head of Relation HCML Hamim Tohari melalui Site Relations and Community Development Officer, Vilos Askuripson menjelaskan, HCML telah memggelar kegiatan serupa selama 3 tahun terakhir.

Selama dua hari melakukan Safari Ramadhan, masyarakat Kecamatan Gayam dan Nonggunong, Pulau Sapudi menyambut baik kegiatan silaturahmi tersebut. “Alhamdullah, kami diterima dengan baik oleh masyarakat Pulau Sapudi, baik yang ada di Kecamatan Nonggunong maupun Gayam,” ucap Vilos, Kamis (23/05/2019).

Ia menjelaskan, Asta Adi Poday atau pasarean Adi Poday dipilih sebagai lokasi silaturahmi karena tempat tersebut menjadi tempat bersejarah bagi masyarakat Pulau Sapudi. “Ini bentuk kepedulian kami menghormati kearifan lokal disini. Asta Adi Poday merupakan tempat bersejarah di Sepudi. HCML juga merupakan bagian dari Pulau Sapudi, karena itu, wajar kalau kami memilih menggelar Safari Ramadan di Asta ini,” ujarnya.

Sementara tokoh masyarakat Kecamatan Gayam, Achmad Junaidi menuturkan, masyakarat menyambut baik kegiatan industri hulu migas oleh HCML. “Masyarakat sudah memahami bahwa kegiatan dari HCML ini adalah kegiatan pemerintah yang tujuannya untuk kemakmuran masyarakat juga,” ucapnya.

Ia menilai, sejak awal HCML masuk ke Pulau Sapudi telah menjalin komunikasi baik dengan masyarakat. Karena itulah masyarakat bisa menerima kegiatan industri hulu migas dari HCML. “Saya berharap komunikasi dengan masyarakat tetap terjalin dengan baik. Semoga saja nantinya dapat membantu memajukan perekonomian Pulau Sapudi,” tukasnya. (tem/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar