Berita Migas

Kafe Laut Semare Jadi Andalan Wisata Pasuruan

Pasuruan (beritajatim.com) – Memasuki Tahun Baru 2020, Kafe Laut di Desa Semare, Pasuruan, Indonesia menawarkan sebagai salah satu tempat pilihan yang menarik bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga maupun kerabat dekat. Ada pemandangan tanaman Mangrove yang menyegarkan.

Pada mesin pencarian Google, jika Anda mencari dengan kata kunci “Kafe Laut Semare”, Anda akan menemukan komentar positif seperti “tempat yang indah untuk bersantai dan menikmati pemandangan laut”, “Kelas Bintang-5 karena tempat ini dapat mengubah cara hidup masyarakat sekitar”.

Sejak tahun 2017 Husky-CNOOC Madura Limited (HCML) mengadakan program penanaman 8.000 bibit mangrove di Desa Semare. HCML sendiri merupakan perusahaan patungan antara Husky Oil Madura Partnership, CNOOC Southeast Asia Limited, and SMS Development Limitedyang beroperasi di Selat Madura dan memasok gas alam ke regional Jawa Timur.

Ketika perusahaan menggelar pipa di daerah Pantai Semare, aktifitas tersebut mengharuskan memotong Pohon Mangrove untuk membuka jalur. Namun, perusahaan berkomitmen untuk mengganti setiap pohon Mangrove yang ditebang dengan tujuh pohon mangrove yang baru.

Hutan Mangrove di Desa Semare terus berkembang. Pada tahun 2018, 12.000 bibit pohon Mangrove ditanam. Pada tahun 2019, HCML bekerja sama dengan SKK Migas untuk menanam 15.000 bibit Pohon Mangrove dan 40 Pohon Mangga.

“Program ini bagian dari komitmen jangka panjang kami untuk meningkatkan kesadaran lingkungan” kata General Manager HCML, Tilak Nithiyeswaran saat prosesi penanaman.

“Nanti ketika saya kembali lagi ke Indonesia, saya pasti akan senang jika orang Semare dapat menikmati panen Mangga dari pohon-pohon yang di tanam. Mangga adalah buah favorit saya,” imbuhnya.

VPMR SKK Migas untuk HCML, Sondang Maria Maniop, juga menghadiri acara penanaman. “Kami berharap pohon akan tumbuh dengan baik dan rimbun sehingga membantu menghijaukan daerah ini. HCML selalu berusaha untuk memiliki hubungan yang baik dengan masyarakat Desa Semare” akunya.

Tanaman Mangrove adalah pilihan terbaik untuk melindungi pantai dari abrasi ombak laut, sekaligus menciptakan habitat baru bagi kehidupan laut. Untuk meningkatkan keberhasilan, HCML merekrut ahli untuk menunjukkan dan mengajarkan para peserta cara menanam bibit yang benar dan tepat.

Kafe Laut adalah salah satu program dimana HCML membantu desa dalam mengembangkan konsep dan memberikan dukungan dari sisi finansial, yang bertujuan untuk memperkuat pertumbuhan desa.

Yazid, kepala desa Semare, sangat menghargai kolaborasi HCML dengan kelompok pemuda setempat dalam program penanaman ini. Perusahaan juga membiayai sepuluh orang pemuda local untuk menerima pelatihan operasional minyak dan gas bumi, dimana empat dari mereka sukses bekerja untuk perusahaan dan memulai karier.

“Kami sangat menghargai HCML, yang telah mendukung dan memotivasi desa kami untuk maju. HCML adalah perusahaan yang peduli dengan desa kami,” kata Yazid, yang membayangkan bahwa ketika mangrove tumbuh subur dalam lima tahun ke depan, daerah itu akan menjadi taman pendidikan mangrove, dan Kafe Laut akan menjadi lebih indah. [but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar