Berita Migas

Gandeng SKK Migas Jabanusa, DPRD dan PWI Gresik Gelar Workshop Media

Gresik (beritajatim.com) – Masih dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2020, DPRD dan PWI Gresik menggandenga SKK Migas Jabanusa menggelar workshop media.

Kegiatan rutin yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2016 tersebut, selalu menghasilkan pemikiran serta inovasi baru. Pasalnya, dalam kegiatan workshop media itu hadir Ketua DPRD, H.Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) dan Humas SKK Migas Jabanusa Erwin Andrianto Redy serta Ketua PWI Gresik, M.Sholahuddin.

Dengan tema ‘Menggali Potensi Pajak Migas’. Erwin nama panggilan akrabnya lebih banyak mengeksplore tentang kontribusi migas terhadap pembangunan daerah.

Menurut Erwin, dana bagi hasil (DBH) Migas diberikan ke daerah sudah memiliki perhitungan. “Angkanya bisa dilihat di website. Jumlahnya bervariatif tergantung daerah tersebut merupakan daerah penghasil atau tidak,” tuturnya, Jumat (7/02/2020) .

Erwin menjelaskan, apabila Gresik menjadi daerah penghasil maka dana yang diberikan sebesar enam persen dari keuntungan yang didapat KKKS setiap tahunnya. “DBH disetor KKKS kepada pemerintah pusat, Kemenkeu setiap tahun. Dari Kemenkeu diserahkan kepada Pemprov untuk membagi sesuai dengan porsinya masing-masing ke kabupaten/kota,” paparnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Gresik H.Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) menuturkan, terkait dengan ini dewan perlu wawasan bagaimana meningkat PAD tapi dengan cara berinovasi.

“Kami berkeyakinan dengan berkolaborasi menghasilkan inovasi baru. Sebab, mulai masuk di tahun 2020 tidak ada perusahaan besar berjalan sendiri. Saat ini, kalau ingin besar cenderung melakukan kolaborasi bersama menuju kesuksesan,” tuturnya.

Lebih lanjut Gus Yani mengatakan, jika ingin berkompetisi dan tidak ingin tergeser. Cara kolaborasi adalah jalan yang tepat. “Semakin banyak berkolaborasi maka semakin banyak ide-ide baru,” katanya.

Dirinya mencontohkan sekarang banyak bermunculan start up baru. Hal itu tidak terlepas dari bagaimana mengemas kolaborasi menjadi keuntungan atau pendapatan. “Saya akan mencoba berkolaborasi dengan SKK Migas Jabanusa. Sebab, disana ada dana bagi hasil (DBH) Migas yang nilainya cukup besar,” ungkapnya.

Ketua PWI Gresik, M.Sholahuddin menuturkan, kegiatan PWI Gresik yang berkolaborasi dengan SKK Migas Jabanusa sudah lama dilakukan. “Melalui workshop media ini, kami berharap rekan-rejab media yang bertugas mendapat ilmu baru soal migas,” pungkasnya. [dny/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar