Berita Migas

ExxonMobil dan PJI Dorong Generasi Muda Ciptakan Peluang Ekonomi Melalui Kewirausahaan

Pelajar SMAN 1 Tuban berhasil meraih penghargaan terbaik sebagai “The Best Student Company” dalam kegiatan Regional Student Company Competition 2019 yang diadakan oleh Prestasi Junior Indonesia bersama ExxonMobil Cepu Limited di Pendopo Malowopati, Bojonegoro, Rabu (26/6). Para Pelajar yang mendirikan Sacovation SC ini menyisihkan tiga sekolah lainnya dan akan mewakili Bojonegoro, Tuban dan Blora untuk bertarung dalam kompetisi bisnis tingkat Nasional, Indonesia Student Company Competition 2019, yang akan digelar di Jakarta pada Agustus mendatang.

Bojonegoro (beritajatim.com) – Pelajar dari empat SMA dan SMK di Bojonegoro, Tuban dan Blora bersaing menunjukkan kepiawaian berbisnis dalam kegiatan Regional Student Company Competition 2019 yang diselenggarakan oleh ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI) di Pendopo Malowopati, Rabu (26/6).

Dalam kompetisi kewirausahaan ini, para pelajar mempresentasikan pencapaian
usaha serta memamerkan produk inovasi dari bisnis mikro yang dijalankan di sekolah.

Keempat sekolah tersebut, antara lain SMAN 2 Bojonegoro, SMKN Purwosari, SMAN 1 Tuban, dan SMK Migas Cepu.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program edukasi Student Company (Perusahaan Siswa) yang digagas untuk mendorong kemampuan generasi muda menciptakan peluang ekonomi melalui kewirausahaan.

Para pelajar telah dibina untuk mendirikan dan mengoperasikan sebuah perusahaan (SC-Student Company) di sekolah selama enam bulan. Hal ini termasuk menciptakan ide produk, merencanakan strategi bisnis, melakukan penjualan produk, hingga likuidasi perusahaan. Para pengusaha muda ini juga mendapatkan pendampingan bisnis secara intensif dari mentor PJI dan profesional bisnis ExxonMobil Cepu Limited.

Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia (PJI) Robert Gardiner menyampaikan dengan memberikanpengalaman mengelola perusahaan, para pelajar mendapatkan wawasan yang komprehensif mengenai bisnis.

Dalam pameran bisnis, pelajar memaparkan dan menawarkan produk andalan bisnis mereka kepada Robert Gardiner, Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia (kiri), dan juga pengunjung lainnya dalam kegiatan Regional Student Company Competition 2019 yang diadakan oleh Prestasi Junior Indonesia bersama ExxonMobil Cepu Limited di Pendopo Malowopati, Bojonegoro, Rabu (26/6).

“Mereka tidak hanya menyusun strategi bisnis tetapi juga dapat merasakan dan memahami secara langsung dinamika perusahaan dan berbagai risiko yang terjadi dari setiap keputusan bisnis,” kata Robert Gardiner, Rabu (26/6/2019). .

Robert Gardiner menambahkan setiap individu memiliki kesempatan untuk mengoptimalkan potensi diri mereka dalam berwirausaha. Oleh karena itu, PJI sangat senang dapat memulai kemitraan dengan ExxonMobil tahun ini untuk mempromosikan kewirausahaan kepada generasi muda Indonesia.

”Bisnis bentukan para pelajar Bojonegoro, Tuban dan Blora mengindikasikan pencapaian usaha yang positif. Dengan produk berkualitas yang mampu bersaing di pasar, mereka berhasil mengumpulkan omzet penjualan lebih dari 16 juta Rupiah selama tiga bulan beroperasi.

Keempat perusahaan siswa tersebut
antara lain:
1. SMAN 2 Bojonegoro mendirikan VOA SC dengan produk ‘Moa-Moa’, pengharum serbaguna untuk mobil, sepatu, helm dan lemari yang terbuat dari arang;
2. SMKN Purwosari mendirikan Little Best SC dengan produk ‘Sari Batik’, tas dan aneka aksesoris yang memanfaatkan limbah kain batik khas Bojonegoro;
3. SMAN 1 Tuban mendirikan Sacovation SC dengan produk ‘Sacovalish’, semir sepatu berbahan baku limbah perwarna Batik Gedog Tuban; dan
4. SMK Migas Cepu mendirikan Migasco SC dengan produk ‘d’BGZ’, sepatu, slipper dan totebag dari olahan pelepah pisang.

Ainur Salwa Jestawana, pelajar SMAN 1 Tuban yang menjadi President Director Sacovation SC menjelaskan bahwa dirinya memiliki wawasan baru mengenai wirausaha dari program Student Company.

“Saya dan teman-teman belajar seluk beluk membangun bisnis serta pentingnya kedisiplinan dalam bekerja. Tentunya kami sangat senang bisnis kami dapat berjalan dan menghasilkan profit. Program ini menjadi pengalaman berharga dan motivasi bagi kami untuk menjadi wirausaha di masa depan. Kami berterima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh PJI dan ExxonMobil.”kata Ainur.

Keempat sekolah bersaing memperebutkan gelar ‘The Best Student Company’ dalam kompetisi ini. Satu sekolah terbaik akan bersaing dengan sekolah-sekolah dari regional lainnya dalam kompetisi bisnis tingkat nasional, Indonesia Student Company Competition 2019, yang akan diselenggarakan di Jakarta pada Agustus mendatang.[ted]

 

Apa Reaksi Anda?

Komentar