Berita Migas

EML Bangun Tandon Air Bersih di Desa Pagarbatu

Sumenep (beritajatim.com) – SKK migas dan PT Energi Mineral Langgeng (EML) memberikan bantuan berupa tandon air bersih untuk warga Dusun Nangger, Desa Pagarbatu, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep.

“Ada sekitar 40 keluarga yang bisa memanfaatkan bantuan tandon air bersih. Tandon itu dibangun di rumah Pak Abd. Gani, salah satu warga setempat,” kata Public Relation Coordinator PT EML, Nur Hidayat, Selasa (26/03/2019).

PT EML merupakan salah satu kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) migas yang mempunyai wilayah operasi di Desa Tanjung, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep. Saat ini PT EML tengah melakukan pengeboran sumur ENC-02. Pengeboran migas yang dilakukan EML merupakan satu-satunya pengeboran ‘on shore’ di Sumenep.

“Pembangunan tandon air itu dilakukan sejak November 2018. Volume tandonnya 3.000 liter air. Ini salah satu bentuk komitmen sosial kemasyarakatan kami di wilayah operasi,” ujar Nur Hidayat.

Warga antri air bersih

Sementara Abd. Gani, warga setempat menjelaskan, sebenarnya tandon air bersih telah ada di desanya sejak lama. Hanya saja kapasitasnya kecil dan bentuknya masih sangat sederhana.

“Tandon yang lama merupakan swadaya masyarakat. Bahannya dari drum bekas. Volumenya 300 liter. Alhamdulillah PT EML membantu membangun tandon yang jauh lebih besar,” ucapnya.

Ia mengatakan, saat menggunakan tandon lama dengan kapasitas kecil, tandon harus diisi hingga lima kali sehari. Nah sekarang dengan bantuan tandon besar dari EML, kami cukup satu kali ngisi air dalam sehari,” paparnya.

Menurutnya, tandon air berkapasitas besar tersebut sangat bermanfaat untuk penyediaan air bersih dan air minum, terutama untuk wilayah pesisir.

“Air disini payau. Jadi tidak bisa diminum. Semoga suatu saat tandon air ini dilengkapi jaringan pipa, sehingga bisa disalurkan langsung ke masyarakat melalui pipa itu,” harapnya. (tem/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar