Berita Migas

DLH Bojonegoro Kaji Kandungan Lumpur Bekas Sumur Belanda

Bojonegoro (beritajatim.com) – Semburan lumpur yang keluar dari bekas pengeboran sumur minyak tua di Desa Batokan Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro masih dikaji oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro.

“Sampel lumpur masih diuji lab di Mojokerto. Sekarang kita masih menunggu hasil laboratorium,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro, Hanafi, Rabu (12/2/2020).

Semburan lumpur yang keluar itu bercampur antara air, lumpur, minyak dan gas. Namun, kondisinya saat ini mulai berangsur tidak keluar. Semburan lumpur itu diketahui tepat tujuh hari yang lalu. “Sekarang sudah tidak menyemburkan lumpur,” terangnya.

Sementara kajian singkat yang dilakukan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro menyebutkan pada kawasan potensi migas, fenomena semburan lumpur tersebut merupakan hal yang normal terjadi.

Karena urutan fluida dari bawah ke atas yang ada di dalam lapisan batuan pembawa minyak/reservoar yakni (air – minyak – gas) yang memiliki sifat menekan ke permukaan melalui celah yang ada.

Dalam kondisi curah hujan tinggi menyebabkan air masuk kedalam lapisan reservoar tersebut sehingga volume fluida bertambah dan menekan keluar ke permukaan melalui celah yang ada (dalam hal ini celah berupa sisa lubang bor minyak tua di Desa Batokan).

“Hal yang perlu diperhatikan antara lain volume fluida yang keluar, dan kandungan fluida yang keluar apakah mengandung zat berbahaya atau tidak,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro, Umar Ghoni dalam rilisnya.

Selama tujuh hari, BPBD melakukan pemantauan terhadap perkembangan semburan lumpur. Jika, lanjut Umar, volume fluida yang keluar tidak berkurang atau kandungan fluida memiliki kandungan zat berbahaya maka akan dikoordinasikan kepada instansi terkait untuk melakukan penanganan lebih lanjut.

“Kondisi saat ini volume fluida dan kandungan fluida relatif aman dan diperkirakan volume fluida akan berkurang seiring berkurangnya curah hujan,” pungkasnya. [lus/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar