Berita Migas

Cegah Abrasi Laut, EMCL Tanam Mangrove di Pantai Palang

Tuban (beritajatim.com) – Sebagai upaya untuk menyelamatkan kawasan pesisir utara dengan berupaya mencegah adanya abrasi pantai di Kabupaten Tuban, terutama di sekitar Kecamatan Palang, ExxonMobile Cepu Limited (EMCL) mengadakan kegiatan gerakan menanam pohon Mangrove.

Dengan dimotori oleh yayasan el-Sal Indonesia, EMCL bersama-sama dengan warga masyarakat menanam Mangrove di kawasan pesisir Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Tuban. Desa tersebut merupakan salah satu desa yang dilalui oleh jalur pipa minyak milik EMCL menuju kapal.

Kegiatan tanam pohon Mangrove di pantai Kecamatan Palang, Tuban itu sudah dua kali dilaksanakan oleh operator Migas tersebut dan yang pertama sudah dilakukan pada bulan September 2018 lalu. Pada pelaksanaan tanam kali ini, diawali dengan kegiatan bersih pantai dari sampah-sampah yang ada.

“Tanam pohon Mangrove dan bersih sampah ini untuk mencegah terjadinaya abrasi di wilayah pantai Desa Karangagung, sekaligus untuk mendorong kepada masyarakat agar tidak membuang sampah di pantai,” jelas Ahmad Shohib, Ketua Yayasan el-Sal Indonesia yang memotori kegiatan tanam itu, Minggu (28/4/2019).

Pada pelaksanaan tanam kali ini, telah disediakan sebanyak 3.500 bibit Mangrove yang sudah ditanam di kawasan pantai Desa Karangagung yang panjangnya mencapai ratusan meter itu. Meski kawasan pantai itu sebagai besar adalah Batu Karang, pihak el-Sal Indonesia mengaku optimis jika Mangrove bisa bertahan dan hidup.

“Kita yakin ini akan berhasil. Yang menjadi kendala adalah kambing liar, yang bisa merusak dan memakan tanaman ini. Makanya kita harus pasang jaring untuk menghindari kambing,” tambahnya.

Selain melakukan tanam Mangrove, pihak EMCL juga memberikan bantuan berupa 150 bak sampah dan dua becak sampah untuk senantiasa ikut menjaga kebersihan laut. Dengan bantuan bak sampah dan becak sampah itu, diharapkan bisa memberikan kesadaran pada masyarakat supaya tidak membuang sampah sembarangan.

Sementara itu, Bambang Irawan, selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tunam menyampaikan, apresiasi kepada pihak EMCL dan yayasan el-Sal Indonesia yang telah menggelar kegiatan tanam pohon Mangrove dan bersih sampah yang ada di pantai. Diharapkan kegiatan itu bisa memberi manfaat untuk menjaga ekosistem alam.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini. Semoga hal seperti ini bisa diselenggarakan di desa-desa yang lain,” ungkap Bambang Irawan yang ikut dalam pelaksanaan tanam Mangrove dan bersih pantai itu. [mut/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar