Berita Migas

Bojonegoro Terima PI Blok Cepu dari PT SER Sebesar USD 450 Ribu

Foto ilustrasi

Bojonegoro (beritajatim.com) – Dana Participating Interest (PI) Blok Cepu yang diterima Pemkab Bojonegoro senilai USD 450.000. Jumlah tersebut akumulasi pembayaran dari PT Surya Energi Raya (SER), yang menjadi mitra BUMD PT Asri Dharma Sejahtera (ADS) dalam pengelolaan PI Blok Cepu dari tahun 2010 hingga 2018.

Selain mendapat commitment fee sejak 2010 hingga 2018 sebesar USD 450.000, Pemkab Bojonegoro juga menerima signature bonus yang dibayarkan sekali di awal penandatanganan perjanjian sebesar USD 100.000.

Kepala Bidang Pendapatan, Perimbangan dan Lain-lain, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Bojonegoro, Anang Adi Prasetyo mengatakan, commitment fee tersebut merupakan perjanjian kerjasama antara PT SER dengan Pemkab Bojonegoro sebesar USD 50.000 selama PT ADS belum mendapatkan keuntungan dari PI Blok Cepu.

“Setiap tahun, PT SER bayar commitment fee sebesar USD 50.000 kita terima menyesuaikan kurs dolar,” ujarnya, Selasa (30/4)/2019).

Anang mengungkapkan, untuk tahun 2019, PT SER diketahui belum melakukan pembayaran. Mengaca dari tahun sebelumnya, PT SER biasanya melakukan transfer pada awal tahun. Namun, Bapenda akan menunggu hingga semester pertama untuk melakukan penagihan.

“Kita akan tagih dengan cara berkirim surat jika hingga bulan Juni mendatang belum ada pembayaran masuk,” ungkapnya.

Belum dipastikan, apakah tersendatnya pembayaran commitment fee dari PI Blok Cepu ini ada kaitannya dengan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT ADS yang belum dilaksanakan. Yang jelas, kata dia, di dalam isi perjanjian tidak disebutkan hal tersebut.

“Saya rasa tidak ada hubungannya dengan RUPS, jadi PT SER wajib membayar sesuai perjanjian,” pungkasnya. [lus/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar