Sabtu, 24 Februari 2018

Gresik Mendapat Predikat BB dari Menpan RB

Rabu, 31 Januari 2018 19:47:25 WIB
Reporter : Deni Ali Setiono
Gresik Mendapat Predikat BB dari Menpan RB


Gresik (beritajatim.com)
- Perbaikan kinerja dilakukan Pemkab Gresik berbuah hasil. Hal ini ditandai Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) memberi penilaian predikat BB terhadap penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Selain memperoleh predikat BB, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur juga menyerahkan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP).

Atas penilaian ini, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menyatakan bangga apa yang diraih oleh jajaran Pemkab Gresik pada tahun ini.

"Kami sangat berterima kasih kepada semua jajaran SKPD, dan masyarakat yang membantu kami dalam bekerja. Sehingga, tahun ini Gresik memperoleh nilai BB. Tahun sebelumnya, hanya mendapat nilai B. Nilai BB kali ini berarti ada peningkatan setingkat dari tahun sebelumnya," ujarnya, Rabu (31/01/2018).

Menurut Sambari, keberhasilan dalam meraih BB tersebut berkat kerja keras bersama. Hal ini karena adanya komitmen tersebut peningkatan akuntabilitas kinerja pada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Mulai dari tingkat desa, kecamatan, perangkat daerah,  sampai tingkat Sekretaris Daerah Pemkab Gresik.

"Kami semua dijajaran Pemkab Gresik sangat serius dalam rangka peningkatan akuntabilitas kinerja. Konsekwensinya, wajib bertanggungjawab penuh dalam pelaksanaan pemerintahan. Makanya saya memimpin langsung rapat pimpinan. Khususnya, bersama tim anggaran dan Kepala OPD untuk memberikan evaluasi setiap program yang diajukan," ujarnya.

Ia menambahkan, mengenai nilai BB yang didapat menandakan Pemkab Gresik telah memiliki sistem manajemen kinerja yang lebih baik dan dapat diandalkan. Seluruh aspek dokumentatif telah terpenuhi. Kualitas indikator kinerja telah berorientasi pada hasil.

"Prestasi dengan nilai BB kali ini sangat berguna untuk terus memacu kami. Tahun depan akan ada perbaikan kinerja maupun akuntabilitas. Sehingga, nilai puncak yaitu nilai A bisa kita raih," tambahnya.

Sementara, Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik mengatakan, nilai BB saat ini menunjukkan tingkat perbaikan dari tahun sebelumnya. Atas laporan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah yang semakin efisiens.

"Semakin bagus nilainya, maka semakin efisien penggunaan anggaran terhadap hasil yang didapat dan dirasakan oleh masyarakat. Kedepan kami akan memacu agar efisiensi ini semakin baik serta nilai yang didapat semakin baik pula," ungkapnya.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik Suyono menyatakan keberhasilan dikarenakan ada penyempurnaan dokumen perencanaan. Disini bupati banyak melakukan rasionalisasi untuk efisiensi pada setiap program dan anggaran yang diajukan oleh OPD sehingga ada pengurangan sebesar 31 persen dari kegiatan yang tidak punya kontribusi terhadap program prioritas bupati.

"Pada APBD tahun 2017, kami berhasil menghemat anggaran sebesar Rp 153 miliar yang dikembalikan dalam bentuk Silpa," tandasnya. [adv/dny]

Komentar

?>