Kamis, 19 Oktober 2017

Hargarnas Provinsi Jatim Di Ponorogo

Ipong Katakan Program KB di Ponorogo Berhasil, Pakde Karwo Tersenyum

Jum'at, 28 Juli 2017 20:28:43 WIB
Reporter : Pramita Kusumaningrum
Ipong Katakan Program KB di Ponorogo Berhasil, Pakde Karwo Tersenyum

Ponorogo (beritajatim.com) - Hari Keluarga Nasional (Harganas) Jatim di Ponorogo cukup meriah. Hampir 34 bupati/walikota dan perwakilan semua memenuhi kota Reyog, Kamis (27/7/2017).

Tak lupa, kesenian reyog juga menyambut kedatangan Gubernur Jatim, Soekarwo alias Pakde Karwo beserta rombongan. Dengan diiringi rintik hujan romantis. Namun tak membuat kemeriahan Harganas berkurang.

"Tadi kedatangan pakde disambut tari reyog. Dimana ada perjuangan, pertempuran, dan percintaan. Ada romantisme didalam perjuangan dan percintaan di Ponorogo," kata Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni.

Hal itu, lanjut dia, juga ada hubungannya dengan program KB yang dicanangkan pemerintah. Dimana ada jika sayang kepada pasangan dua anak cukup.

Ipong juga mengatakan, bahwa program kb di Ponorogo cukup sukses. Karena dari 165.000 pasangan usia subur, yang ikut program kb 66.5 persen. Di bawah 1 persen dari Jatim dan beberapa persen nasional.

Sementara, lanjut Ipong, usia wanita yang menikah di bawah umur 20 tahun hanya 9.8 persen. "Itu jelas dibawah angka dari Jatim yang mencampai 16 persen," kata Ipong dengan bangga.

Sementara itu, lanjut dia, untuk mendukun kb, pemkab Ponorogo juga ada program kb pria. Itu juga sudah diikuti oleh 57 orang.

Ipong juga membeberkan fakta di lapangan, Ponorogo surplus beras. Dia mengaku, petani Ponorogo memiliki hasi 580.000 ton beras. Sementara yang dikonsumsi warga Ponorogo habya 160.000 ton beras. Jadi surplus 420.000 ton yang keluar Ponorogo.

"Jika kb nua tak berhasil. Mungkin  beras akan menyebar di Ponorogo. Dan perekomonian di Ponorogo hanya itu-itu saja," tambahnya.

Di sisi lain, Gubernur Jatim, Pakde Karwo, mengatakan pertumbuhan pendudk jatim hanya 0.61 persen. Dimana dalam 4 tahun terakhir tidak sampae 1 juta jiwa.

"Pasangan subur sudah bisa mengatur kebahagiannya. Dimana tidak dua nakan cukup, tapi ,1.9 anak cukup. Karena dalam satu tahun per pasangan hanya menghasilkan 1.9 anak. Itu hitungan matematikanya," tambahnya.

Untuk sekedar diketahui Pemkab Ponorogo menjadi tuan rumah Hargarnas Provinsi Jatim. Acara berlangsung selama dua hari. (mit/ted)

Komentar

?>