Rabu, 23 Agustus 2017

Hari Koperasi Ke 70

Ipong Janji Wujudkan Koperasi Maksimal di Ponorogo

Sabtu, 22 Juli 2017 21:41:57 WIB
Reporter : Pramita Kusumaningrum
Ipong Janji Wujudkan Koperasi Maksimal di Ponorogo

Ponorogo (beritajatim.com) - Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni rupanya memberikan perhatian besar terhadap koperasi. Buktinya, orang nomor satu di kota Reog tersebut hadir saat perayaan ke 70 hari koperasi.

Ipong sadar betul bahwa, sesungguhnya model asli perekonomian di Indonesia yaitu koperasi. Dimana terdapat gotong royong, kebersamaan dan jiwa saling tolong menolong.
"Buktinya, di Ponorogo beberapa tahun silam pernah jaya koperasi batik Bakti. Saat itu banyak sekali pembatik yang sukses dan bersatu dalam koperasi," kata Ipong.

Namun saat ini, lanjut dia, itu tinggal kenangan. Saksinya hanya ada mulai perempatan Pasar Legi ke Timur sampai Pasar Pon terdapat rumah besar milik pembatik yang jaya pada jamannya.

Dia menjelaskan, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Ponorogo sekitar Rp 5 Triliun. Dengan rincian, Rp 2.2 Triliun belanja Pemerintah, Rp 1.8 Triliun belanja TKI. Sisanya belanja lainnya, termasuk belanja koperasi yang sebanyak 974 buah.
"PDRB sangat besar. Tapi yang besar ada pada reminten. Itu sebenarnya potensi besar. Tapi tidak produktif dan tidak bermanfaat," katanya.

Dia menjelaskan, sebisa mungkin mengurangi pengiriman TKI. Sebisa mungkin juga, hanya satu kali kontrak saja.
"Pasca jadi TKI, paguyubannya membuat koperasi. Menghasilkan dari koperasi saja. Jadi tidak usah kembali jadi TKI lagi," kata Ipong.

Untuk obyeknya, lanjut dia, tidak perlu khawatir. Dari data yang di pegang, 72 persen di Ponorogo penduduknya sebagai petani. Dimana hasil produksi berasnya selalu surplus.
"Tapi petani tidak bisa dari harga jual rendah. Pupuk langka. Itu saja permasalahannya. Nah itu jika dikoperasikan kan bisa jadi koperasi," ujarnya.

Dia pun berjanji, akan menambah koperasi di Ponorogo. Dengan 974 koperasi dengan aset 375 Miliyar dinilai cukup kecil. "Nanti di PAK bisa ditambah porsi untuk koperasi. Biar koperasi maju, perekonomian Ponorogo sejahtera," pungkasnya. [Mit/adv]

Komentar

?>