Senin, 11 Desember 2017

Imbangi Aplikasi SIAGA, Ipong Janji Tambah Fasilitas CCTV dan Mobil Damkar

Kamis, 25 Mei 2017 16:09:44 WIB
Reporter : Pramita Kusumaningrum
Imbangi Aplikasi SIAGA, Ipong Janji Tambah Fasilitas CCTV dan Mobil Damkar

Ponorogo (beritajatim.com) - Aplikasi SIAGA yang diluncurkan oleh Polres Ponorogo dan digagas oleh Kapolres Ponorogo, AKBP Suryo Sudarmadi disambut baik oleh Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni.

Dia sadar bahwa Ponorogo dikelilingi gunung dan bukit. Sehingga untuk tingkat kerawanan bencana sangat tinggi. Ipong membeberkan 2016 saja telah terjadi 637 kejadian bencana.

"Memang skalanya kecil. Sedikit korban jiwa. Namun secara kuantitas sangat banyak dibanding daerah lain. Kita ada bajir,.kekeringan, kebakaran, tanah gerak, longsor," kata Ipong.

Apalagi, lanjut dia, 2017 sendiri yang kasat mata ada longsor di Desa Banaran Kecamatan Pulung. Kemudian tanah gerak di Desa Dayakan, Kecamatan Badegan, dan di Desa Tugurejo, Kecamatan Slahung.

"Yang baru saja kita juga tertimpa kebakaran. Pasar Songgolangit, perputarnya ekonomi Ponorogo dilalap api," katanya.

Dia mengaku, melihat banyaknya bencana tersebut, sehingga aplikasi SIAGA juga membantu warga Ponorogo. "Bisa lagsung melaporkan. Dan stakeholder yang ada turut bergerak," tambahnya.


Dia mengaku, aplikasi SIAGA sangay bagus. Bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat. Menyerupai transportasi online yang kian marak.

Untuk itu, lanjut dia, tetap harus ada dukungan dari Pemkab. Ipong menjelaskan, baru tahu jika mobil pemadam kebakaran (damkar) milik Pemkab Ponorogo sangat minim.

"Terbatas hanya dua saja. Itupun yang satu tua. Dan jika jalan harus disurung mobilnya. Itu PR kami untuk menambahnya.," terangnya.

Ipong berjanji, untuk mendukung kerja aplikasi SIAGA akan menambah mobil damkar. Karena kebekaran di Ponorogo juga perlu diantisipasi.

Pun, akan menaruh cctv di setiap perempatan. Gunanya untuk antisipasi tindakan pidana. Misal ada trek-trekan maupun ada pengemis. "Tidak perlu sms saya lagi. Tinggal gunakan aplikasi SIAGA. Pemkab Ponorogo dan Polres bersinergi bersama," terangnya.

Ipong juga meminta kepada sekda dua permintaannya, yaitu mobil.damkar dan cctv ssegera diwujudkan. Dimasukkan dalam APBD 2018. (mit/ted)

Komentar

?>