Jum'at, 22 Juni 2018

Bupati dan Wabup Gresik: Media Online Berperan Mempublikasikan Pembangunan di Daerah

Rabu, 30 Maret 2016 13:32:34 WIB
Reporter : Deni Ali Setiono
Bupati dan Wabup Gresik: Media Online Berperan Mempublikasikan Pembangunan di Daerah

Gresik (beritajatim.com) - Setelah terpilih kembali kedua kalinya dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gresik 2015 lalu. Pasangan Bupati, Sambari Halim Radianto, dan Wakil Bupati Gresik, M.Qosim langsung memasang target membawa Gresik semakin lebih baik selama lima tahun ke depan.

Untuk mewujudkan hal itu, pasangan Sambari Halim Radianto dan M.Qosim, atau lebih akrab dikenal dengan SQ sudah menyiapkan visi dan misi membawa Kabupaten Gresik semakin baik lagi. Program-program telah disiapkan SQ selama lima tahun ke depan. Kendati demikian, tanpa peran kebersamaan masyarakat dan kerja keras serta peran media dalam hal ini media online memiliki peran yang sangat penting dalam keterlibatan pembangunan.

"Saat ini yang paling penting adalah bekerja demi kesejahteraan masyarakat. Termasuk diantaranya peran media online dalam turut serta mempublikasikan pembangunan di daerah," ujar Sambari, Rabu (30/03/2016).

Konsep dasar yang dikedepankan Bupati Sambari Halim Radianto dan Wakil Bupati M.Qosim pada pembangunan lima tahun ke depan adalah mengkedepankan kabupaten yang agamis, adil, sejahtera, dalam kehidupan berkualitas. Melalui konsep itu, ada beberapa konsep yang menjadi prioritas utama. Salah satu diantaranya, menekan angka kemiskinan dibawah 10 persen. Jika konsep itu terwujud, maka Kabupaten Gresik bisa jadi merupakan kabupaten di Jawa Timur yang paling rendah angka kemiskinannya.

Selain fokus menekan angka kemiskinan. Kabupaten Gresik juga terus memacu pertumbuhan investasi dan industri. Kedua sektor tersebut menjadi andalan karena berhubungan dengan ketersediaan lapangan kerja. Laju pertumbuhan kedua sektor itu bakal meningkat seiring dengan adanya sektor ekonomi yang terintegrasi, atau Java Integrated Industrial Port Estate (JIIPE), di Kecamatan Manyar yang pengoperasiaannya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) tahun lalu.

Di sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), Kabupaten Gresik juga menjadikan sektor tersebut sebagai prioritas juga. Sebagai unggulan potensi daerah sektor UMKM, selalu difasilitasi baik itu dalam bentuk bantuan modal maupun pelatihan-pelatihan agar UMKM di Gresik, bisa berkembang, dan mampu bersaing di tengah perdagangan bebas pasar Asean.

Hal yang sama juga dilakukan pada sektor tenaga kerja. Untuk menekan angka kemiskinan. Bupati Sambari dan Wakil Bupati M.Qosim, mempunyai target meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Dengan cara pemerataan pembangunan di desa-desa. Harapannya, kesenjangan antara desa satu, atau dengan desa lain di Kabupaten Gresik tidak terlalu jauh.

"Lima tahun ke depan kami fokus pada peningkatan infrastruktur baik itu penambahan jalan, akses pendukung baru maupun kualitas jalan harus lebih baik lagi supaya tidak menghambat pergerakan ekonomi," tutur Sambari.

Bukan hanya infrastruktur saja yang ditingkatkan, sektor pendukung lainnya seperti penyediaan air bersih, penerangan jalan, dan pendukung lainnya yang berkaitan dengan kemajuan Gresik juga menjadi perhatian serius pasangan Sambari-Qosim.

Meskipun status Gresik dikenal sebagai ikon daerah industri. Bupati dan Wakil Bupati Gresik juga menjadikan sektor pertanian dan perikanan sebagai sektor andalannya. Sejak pasangan SQ memimpin Gresik, Gresik telah menjadi daerah swasembada beras. Parameternya, pada 2013 Gresik sudah surplus beras sebesar 115 ribu ton, angka itu meningkat lagi menjadi 141 ribu ton pada 2014. Demikian juga di sektor perikanan, keberadaan pasar ikan modern diharapkan menjadi ikon terbaru mengingat potensi perikanan di Gresik sangat melimpah.

Demikian juga pada sektor olahraga, keberadaan Stadion Gelora Joko Samudro (GJS), merupakan bukti nyata bahwa pasangan SQ peduli pada bidang olahraga. Stadion GJS yang dilengkapi dengan sejumlah stand untuk perekonomian rakyat diharapkan juga bisa memberi manfaat bagi masyarakat.

Tidak lupa juga pada sektor pendidikan, kesehatan maupun pelayanan publik. Melalui konsep itu semua, Bupati Sambari Halim Radianto dan Wakil Bupati M.Qosim optimistis lima tahun ke depan Kabupaten Gresik semakin baik.

"Kami mohon doa restu dan dukungan dari masyarakat. Mudah-mudahan apa yang menjadi cita-cita bersama bisa terwujud. Tidak lupa juga kami minta dukungan peran media. Sebab, bagaimana pun media merupakan keberadaan media massa baik cetak maupun elektronik termasuk media online memiliki peranan penting dalam menyampaikan informasi pembangunan," pungkas M.Qosim. (adv/dny)

Komentar

?>