Rabu, 12 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Komisi C DPRD Sidoarjo Terus Kawal Pembangunan

Kamis, 28 Januari 2016 17:50:52 WIB
Reporter : M. Ismail
Komisi C DPRD Sidoarjo Terus Kawal Pembangunan

Sidoarjo (beritajatim.com) - Dengan kekuatan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sudah mencapai sebesar Rp 4 triliun, Sidoarjo harus menjadi kota bertambah lebih maju. Mulai kondisi jalan bagus, tidak banjir dan fasilitas maupun pembangunan lain untuk kepentingan rakyat, harus terpenuhi.

Komisi C DPRD Sidoarjo yang membidangi masalah pembangunan dan lingkungan akan terus melakukan kontrol dan mendukung sarana untuk kepentingan rakyat, mulai jalan bagus, bebas banjir, tempat pendidikan yang lebih mendukung dan pembangunan lainnya.

Ketua Komisi C DPRD Sidoarjo Ahmad Amir Aslichin menyatakan akan terus mengawal pembangunan yang ada. Bahkan komisinya sekarang intensif melakukan inspeksi mendadak (sidak) pada sejumlah pembangunan fisik di lapangan. Mulai sidak proyek jalan, saluran air, bangunan Gedung Serba Guna dan proyek lainnya. "Kami juga ingin mengetahui secara langsung, sejauhmana pelaksanaan proyek ini," katanya, Kamis (27/1/2016).

Yang tidak kalah pentingnya, tambah pria yang akrap disapa Iin itu, fokus perhatian komisinya untuk pembangunan fasilitas pendidikan. Tahun 2017,  Sidoarjo harus bebas dari ruang kegiatan belajar (RKB) yang rusak. "Memang komitmen ini tidak mudah untuk dilakukan karena banyak pembangunan lainnya. Namun pembangunan fasilitas pendidikan harus tetap fokus jadi perhatian," imbuhnya.

Anggota Komisi C, Tarkit Erdiyanto, RKB yang didata meliputi SDN, SMPN dan SMAN serta SMKN. Seluruh kerusakannya harus dilaporkan. Baik yang berkategori ringan, sedang, maupun berat. Data itu akan digunakan sebagai dasar pengajuan anggaran di Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja (PAPBD) Sidoarjo tahun 2016, untuk perbaikan RKB. "Kami bertekad, tahun 2017 mendatang Sidoarjo harus bebas RKB Rusak. Makanya data itu kami tunggu agar secepatnya diserahkan," harapnya.

Politisi PDI Perjuangan itu mengakui, pendidikan memang bukan termasuk bidang yang ditangani Komisi C. Namun,  masalah infrastruktur sekolah merupakan bagian tanggungjawabnya. "Kita harus bisa memastikan, siswa-siswa akan merasa aman dan nyaman saat belajar di kelas. Tidak ada rasa takut dan khawatir, meski saat itu sedang hujan deras atau ada angin kencang. Jangan bicara pendidikan gratis dulu, kalau ruang kelasnya belum
memenuhi syarat," tandasnya.

Data yang diperoleh beritajatim dari Dinas Pendidikan (Diknas) Sidoarjo ada sebanyak  316 ruang kelas rusak cukup parah. Sedangkan RKB yang perlu direhab sebanyak 597 ruang. Perbaikan akan dilakukan secara bertahap sampai semua tercover dalam masalah perbaikan pembangunan. [adv/isa]

Tag : sidoarjo

Komentar

?>