Advertorial

Pengesahan Perubahan Perda No 8 tahun 2016 tentang RPJMD 2016-2021

Sidoarjo (beritajatim.com) – Pengesahan Perubahan Perda No 8 tahun 2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 Kabupaten Sidoarjo di putuskan dalam Rapat Paripurna lV di Gedung DPRD Kab. Sidoarjo Minggu (30/6/2019).

Sebelum di lakukan pengesahan, Panitia Khusus (Pansus) lV DPRD Sidoarjo juga memberikan rekomendasi atas hasil konsultasi ke tenaga ahli, pemerintah pusat, dan study banding ke daerah yang sudah melakukan perubahan Perda RPJMD.

Diantara rekomendasi Pansus IV itu, menindaklanjuti saran dan masukan dari tenaga ahli serta hasil konsultasi ke BAPPENAS terkait sistematika penyusunan dokumen perubahan RPJMD.

Agar dalam penetapan target dalam perubahan RPMJD dimana kegiatan yang memerlukan pembiayaan yang cukup besar, perlu dipertimbangkan kembali agar dapat terealisasi sesuai target, serta melengkapi data-data yang kurang dalam dokumen perubahan RPJMD.

Menetapkan Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2016-2021 untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah Kab. Sidoarjo.

Perubahan Perda No 8 tahun 2016 tentang RPJMD (2016-2021) Kabupaten Sidoarjo yang menjadi perioritas dalam program Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo yakni rumah sakit wilayah barat dan penuntasan Frontage Road mulai kawasan Waru sampai Buduran.

“Yang sudah diprogramkan oleh Pak Bupati dan Wakil Bupati, harus dijalankan sesuai dengan visi dan misi yang sudah dicanangkan,” kata Ketua Pansus IV Mulyono dari PKS.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah mengatakan perubahan RPJMD memiliki arti penting dan strategis dalam melanjutkan pembangunan di Kab. Sidoarjo. Menurutnya keterlibatan masyarakat dalam kegiatan ini menjadi wujud pendekatan partisipatif yang dilakukan Pemkab Sidoarjo. Melalui pendekatan ini dapat diketahui aspirasi masyarakat dalam pembangunan di Sidoarjo.

“Misi dalam dokumen rancangan perubahan RPJMD, diantaranya pemerintahan yang bersih dan akuntabel, meningkatkan perekonomian daerah, meningkatkan kualitas dan standar pelayanan pendidikan dan kesehatan serta meningkatkan tatanan kehidupan masyarakat yang berbudaya dan berahklaqul karimah serta peningkatan infrastruktur publik yang memadai dan berkualitas,” imbuhnya.

H. Saiful llah menambahkan, selain itu ada beberapa program unggulan yang tertuang dalam rancangan perubahan RPJMD Tahun 2016-2021. Percepatan pembangunan infrastruktur, pembangunan RSUD wilayah barat, pembangunan eco mandiri, penguatan kemandirian desa, smart city, pengelolaan lingkungan sehat dan terintegrasi dan lainnya.

“Semua program unggulan ini sebagai bentuk penjabaran visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo periode 2016-2021 sekaligus komitmen untuk menjadikan Kabupaten Sidoarjo yang inovatif, mandiri, sejahtera dan berkelanjutan,” paparnya.

Bupati berharap target, tujuan, dan sasaran yang ditetapkan dalam rancangan dokumen perubahan RPJMD Kabupaten Sidoarjo Tahun 2016-2021 dapat tercapai. Dan itu dibutuhkan konsistensi dan kesinambungan program dari semua pihak.

“Konsistensi dan kesinambungan program dalam perubahan RPJMD menjadi tanggung jawab kita semua. Agar tujuan dan sasaran yang ditetapkan dalam rancangan dokumen perubahan RPJMD Kabupaten Sidoarjo Tahun 2016-2021 bisa tercapai,” pungkasnya. [isa/adv]

Apa Reaksi Anda?

Komentar