Advertorial

HUT ke 13 beritajatim.com

Bupati Sidoarjo: Kecepatan Informasi di Era Digital Harus Diverifikasi Sebelum Share

Sidoarjo (beritajatim.com) – Momen hari ulang tahun (HUT) media online www.beritajatim.com ke 13, menjadi momen istimewa bagi managemen PT Beritajatim Cyber Media Senin (1/4/2019).

Kenapa? Karena di hari bersejarah itu, manajemen perusahaan mendapatkan  kiriman karangan bunga hingga ratusan, ucapan, dukungan, masukan dan kritikan yang masuk ke meja redaksi maupun jajaran pimpinan media online yang berkantor di Jalan Ciliwung No 65 Surabaya itu.

Pada acara resepsi atau open house yang di gelar di Ballroom Shangri-la Hotel Surabaya, mendapat sambutan apresiasi dari pejabat pemerintahan, kepolisian, pimpinan perusahaan bisnis dan lainnya yang hadir di HUT Telulas beritajatim.com bertemakan Oase Kebudayaan di Tahun Politik tersebut.

Salah satu yang hadir di hari istimewa itu, Bupati Sidoarjo H. Saiful llah SH, MHum. Saiful llah, selaku pimpinan daerah dengan sebutan kota Udang ini mengapresiasi dan menyambut baik atas kegiatan HUT 13 beritajatim. Dari acara itu, dirinya bisa bersilaturrahmi dengan jajaran pimpinan beritajatim.com dan tamu undangan yang datang dari berbagai macam.

Bupati Sidoarjo H. Saiful llah SH, MHum beserta jajaran pimpinan PT Beritajatim Cyber Media dan reporter se-Jawa Timur

“Saya senang bisa hadir di HUT 13 media online www.beritajatim.com dan disini bisa bertemu (silaturrahmi red,) dengan para pejabat, teman pengusaha dan lainnya.

Saiful llah jug senang dengan semboyan beritajatim.com “Terus Bersama Membangun Jawa Timur Menjadi Lebih Baik dan Berperang Melawan Hoax. Semboyan itu bisa dijadikan sebagai wahana dalam upaya ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dari berbagai aktifitas dan kreatifitas melalui media massa.

“Tentunya hal itu bisa dilakukan melalui berbagai informasi yang diberikan kepada masyarakat harus melalui verivikasi,  transparan, benar dan berimbang yang terbebas dari berita hoax,” kata Saiful llah.

Dan, tambah pria yang akrap disapa Abah Ipul itu, yang perlu kita digaris bawahi bersama, di era kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi ini, di Indonesia pengguna gadget semakin banyak. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa bahkan lansia.

Kadin Kominfo Kab. Sidoarjo Y. Siswojo (tengah) bersama Kasi Media Dan Kemitraan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Sidoarjo, Kusdianto (kiri) dan Kabid Pengelolaan Informasi Dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi Dan Informatika Evi Rupitasari

Dengan aplikasi media sosial yang mereka gunakan semakin mempercepat arus informasi. Di sinilah timbul permasalahan karena arus informasi yang terakses di media sosial maupun online kadang tidak terfilter dengan baik karena tidak ada redakturnya dan banyak berita hoax yang timbul.

“Tapi saya yakin beritajatim.com yang sudah terverifikasi oleh Dewan Pers baik secara administrasi dan faktual itu, bisa terus menjadi media online yang kredibel, mendidik masyarakat, berimbang dan produksi beritanya yang disuguhkan kepada masyarakat tidak menyalahi koridor maupun kode etik jurnalistik,” papar dia.

Saiful llah juga menghimbau masyarakat untuk berpikir bijak dan rasional dalam mengkonsumsi berita dari media, terutama media sosial. Mengingat media sosial kadang tidak ada verifikasi dulu sebelum di share, ternyata berita hoax akan berhadapan dengan Undang – Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

“Saya menghimbau masyarakat bijak dalam bermedia sosial agar tidak terjerat UU ITE. Mari perangi berita hoax, dan berita hoax itu imbasnya menyesatkan,” tegas Abah Ipul.

Masih menurut pria yang 3 kali berturut-turut terpilih sebagai Ketua DPC PKB Sidoarjo itu, sebagai pimpinan daerah, bahwa pembangunan yang dilakukan Pemkab Sidoarjo saat ini berlangsung dalam suasana keterbukaan, dengan ditandai cepatnya arus informasi dan komunikasi.

“Banyak program dalam pelayanan online di organisasi perangkat daerah (OPD) Kab. Sidoarjo juga memanfaatkan kecanggihan informasi dan tehnologi,” sebutnya.

Dalam kesempatan berkunjung ke HUT 13 beritajatim.com, Abah Ipul yang berturut-turut menjadi wakil bupati dua periode (tahun 2000-2005 dan 2005-2010) era Bupati Win Hendrarso dan Bupati Sidoarjo aktif (2010-2015 dan 2015 hingga 2020) mendatang itu juga mengucapkan selamat kepada jajaran pimpinan PT Beritajatim Cyber Media.

“Selamat untuk media online www.beritajatim.com, semoga di usia ke yang ke 13, tetap jaya, sukses, berita selalu berimbang, membangun dan produksi berita yang disuguhkan selalu mendidik masyarakat, khususnya Jawa Timur dan umumnya Bangsa Indonesia,” ucap Saiful llah yang datang bersama Kadin Kominfo Kabupaten Sidoarjo Yohanes Siswojo dan Kepala Badan Pelayanan Pajak Daerah Kab. Sidoarjo Joko Santosa. (isa/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar